17 November 2009

Desain Desa Apartemen di Fujian

Circular Hakka Houses: bangunan di desa seperti sebuah apartemen

Bangunan yang ada di Cina ini, tepatnya di provinsi Fujian mungkin perlu juga dicontoh di Indonesia.
Berlatar belakang dari sering terjadinya konflik/ perang di jaman dulu, masyarakat disana membuat sebuah bangunan dengan bentuk lingkaran atau kotak untuk melindungi diri mereka dari serangan maupun kejahatan lainnya.
Disebut dengan Tulou yaitu komunitas yang tinggal di bangunan seperti ini, bangunan ini mempunyai hanya satu pintu masuk seperti layaknya sebuah apartemen. Dan biasanya di lantai pertama tidak ada jendela untuk menghindari kemungkinan para penjahat masuk ke dalamnya.

Uniknya disini, satu bangunan ini (baik berbentuk bulat/ kotak) sudah dilengkapi dengan berbagi keperluan mulai dari gudang tempat menyimpan makanan, tempat ibadah dan lainnya.

Ukuran bangunan ini biasanya mempunyai luas sekitar 10.200 m2 dan yang terbesar mencapai 40.000 m2 dengan ketinggian 3-4 lantai dan ketebalan dinding mencapai 1,8 m.

Karena uniknya bangunan ini, UNESCO pada tahun 2008 memberikan gelar komunitas Tulou ini sebagai bangunan yang unik dan fungsional.

Kenapa kami bilang mungkin pemerintah perlu mencontoh bangunan ini untuk dibangun di desa-desa, biar semuanya lebih gampang (terkontrol) dan murah untuk biayanya, dibandingkan setiap masyarakat harus tinggal secara terpisah dan berjauhan.

Sumber : http://www.inhabitat.com/2009/11/13/chinese-hakka-houses-form-self-sustaining-communities/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi