05 November 2009

Hal yang Membuat Anda Sulit Tidur

Tubuh lelah dan Anda ingin sekali tertidur pulas tetapi mata malah tidak mengantuk. Masalah tersebut pasti pernah atau bahkan sering dialami banyak wanita pekerja.

Tidur adalah saatnya tubuh beristirahat dan bisa mengembalikan tenaga Anda. Jika masalah sulit tidur tidak segera diatasi, maka akan berdampak buruk pada kesehatan. Rasa pusing, nyeri otot, kembung dan masalah lain bisa muncul jika kita kurang tidur. Tidak hanya itu, penampilan pun tampak tidak segar, bisa muncul kantung serta lingkaran hitam pada mata,
serta kulit pun menjadi lebih keriput.

Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi dan ada kebiasaan yang harus dihilangkan agar masalah tidur bisa teratasi. Menurut laporan German Institute for Quality and Efficiency in Health Care, yang dikutip VIVAnews dari Glamour, 5 November 2009, saat Anda tidak bisa tidur jangan menonton televisi ataupun membaca buku.

Dua aktiVitas tersebut malah akan membuat Anda semakin sulit tidur. Terutama jika Anda menonton DVD berseri atau membaca novel. Rasa penasaran malah akan membuat Anda mengabaikan rasa kantuk yang muncul dan mata tetap terjaga.

Lalu, jangan tidur seharian saat akhir pekan. Meskipun saat akhir pekan saatnya beristirahat dan kita cenderung bangun siang dan tidur lebih lama ternyata bisa merusak siklus tidur. Sistem waktu tidur yang sudah terbentuk akan menjadi tidak konsisten dan membuat Anda suli tidur selama beberapa hari.

Jika Anda sulit tidur, ada cara unik yang bisa dilakukan. Bangunlah dari tempat tidur dan berjalan-jalanlah di dalam rumah. Memang terdengar aneh, tetapi Anda bisa mencobanya.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan minyak atau krim yang beraroma menenangkan pijatlah leher Anda. Rasa rileks yang timbul dari pijatan, bisa membuat Anda mengantuk. Mengonsumsi jus cherry juga bisa Anda lakukan. Cherry adalah sumber hormon melatonin alami yang bisa membuat Anda lebih mudah tertidur.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi