09 November 2009

Kaskus Manjakan Pemakai BlackBerry dan iPhone

Tingginya jumlah pengguna smartphone di tanah air membuat Kaskus berinisiatif untuk meluncurkan layanan baru khusus penggunanya. On Device Portal, aplikasi Kaskus yang dikembangkan Kaskus Networks bersama Better-B disiapkan. Tak hanya bagi pengguna BlackBerry, tetapi juga iPhone dan semua smartphone dari berbagai brand.

On Device Portal (ODP) Kaskus merupakan aplikasi portal yang dirancang khusus dan tidak hanya sekadar launcher atau aplikasi shortcut.

“Sebenarnya, ini merupakan enhancement atau generasi kedua dari WAP Kaskus. Dua-duanya untuk memperluas medium akses Kaskus ke pengguna,” kata Danny Oei, Chief Marketing Officer Kaskus, saat berbincang-bincang dengan VIVAnews di Jakarta, 7 November 2009.

“Menariknya, sekaligus juga membanggakan, dengan hadirnya ODP ini, Kaskus menjadi forum diskusi online pertama di dunia yang berhasil menciptakan aplikasi atau ODP di dalam sebuah perangkat,” ucap Danny.

Dengan ODP, seluruh Kaskuser akan dapat mengakses Kaskus melalui ponselnya, hanya dengan satu klik pada icon aplikasi Kaskus. “Kini, mereka bisa 'ngaskus' di mana saja dan kapan saja,” ucapnya.

Jumat, 3 November 2009, selama satu hari penuh Kaskus menyediakan setup untuk ODP versi Beta tersebut. Untuk peluncuran resminya dijadwalkan akhir November atau sekitar awal Desember. “Aplikasinya sendiri sebenarnya sudah siap. Tapi, kami masih menunggu deal dengan beberapa provider,” ucap Danny.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengunduh dari download link yang akan dirilis Kaskus nanti dan menginstalnya. Setelah melewati langkah sederhana itu, Kaskuser dapat mengakses sejumlah fitur umum layaknya website Kaskus.

Berdasarkan ujicoba VIVAnews langsung pada perangkat BlackBerry, ODP Kaskus menyerupai interface aplikasi Facebook untuk BlackBerry. Berdesain elegan, pada taskbar-nya, pengguna akan menemukan fitur Hot Thread (melihat apa yang menjadi thread panas terkini), Forum (untuk menjelajahi forum dan sub forum lebih dalam), Forum Jual Beli (shortcut ke FJB), Search (fasilitas pencarian thread), Subscribes (berlangganan thread tertentu), Profile, dan Message.

“Aplikasinya dibikin sederhana, sehingga tidak memakan memori dan bisa diakses dengan cepat,” kata Danny. “Ini akan menjawab kebutuhan Kaskuser yang bermobilitas tinggi dan melayani kebutuhan mobile app yang tinggi di masyarakat,” ucapnya.

• VIVAnews

1 komentar:

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi