04 November 2009

Rahasia Kulit Tangan Halus & Lembut

Tangan bisa dikatakan adalah bagian tubuh yang paling bekerja keras. Setiap hari kita menggunakan tangan untuk segala aktivitas. Tanpa kita sadari kondisi kulit tangan bisa menjadi tidak sehat.

Kondisi tersebut bisa terlihat jelas saat Anda berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Jika kulit tangan terlihat lebih keriput, kusam dan tidak segar, tandanya tangan Anda memerlukan perawatan ekstra.

“Tangan selalu terkena sinar matahari dan temperatur yang ekstrim. Pada usia 30, produksi sel kulit mulai berkurang hingga 10 %. Kulit bagian tanganlah yang paling menandakan keadaan kulit. Jadi dibutuhkan perawatan tertentu pada tangan agar kondisi kulitnya tetap sehat," kata Nelson Lee Novick, ahli kulit dari Mount Sinai School of Medicine, seperti VIVAnews kutip dari Prevention, Senin 2 November 2009.

Untuk menghindari kondisi kulit tangan yang tidak sehat, ada lima hal yang bisa Anda lakukan.

- Jaga kelembaban kulit tangan
Untuk membersihkan tangan, usahakan untuk menggunakan sabun pembersih tangan yang mengandung pelembab. Setelah mencuci tangan, sebaiknya gunakan lagi krim pelembab, agar kulit tidak kering dan selalu sehat.

- Rawat kulit dengan bahan alami
Untuk mempertahankan elastisitas dan memperlambat timbulnya keriput pada kulit tangan Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Campurkan saja 2 sendok makan minyak zaitun dengan ¼ sendok teh gula dalam sebuah mangkuk.

Pijat kulit tangan Anda menggunakan ramuan tersebut satu minggu sekali. Minyak zaitun mengandung asam omega 3 yang tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan sel kulit, gula juga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih lembut.

- Lindungi kulit tangan dengan krim yang mengandung SPF
Untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan mencegah timbulnya noda hitam selalu gunakan krim yang mengandung SPF (sun protection formula). Jadi, pastikan pelembab kulit yang Anda gunakan juga mengandung SPF. Jika Anda lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, gunakan krim pelembab yang minimal mengandung SPF 25.

- Konsumsi vitamin E
Konsumsi kacang-kacangan karena banyak mengandung vitamin E yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel kulit. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E yang banyak dijual dipasaran.

- Air putih
Selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Jika tubuh kekurangan cairan akan langsung terlihat pada kondisi kulit, yang akan terlihat kering, kusam, dan keriput. Jadi, selalu bawa botol air ke mana pun, agar Anda bisa minum kapan saja dan tubuh tidak kekurangan cairan.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi