30 November 2009

Tumpukan Sampah Terluas Di Dunia



Anda mungkin sudah banyak tahu kalau lautan terluas adalah lautan pasifik. Tapi tahukah anda kalau tumpukan sampah terbesar, bukanlah terletak di daratan. Tetapi terletak di lautan di pasifik!


Ya di pasifik... sebetulnya di lautan lain juga mengalami permasalahan yang sama, namun yang terparah terdapat di pasifik. Di gambar diatas, titik kuning merupakan perlambang kumpulan sampah dan arah panah merupakan arah dimana sampah-sampah itu berputar (secara ga bisa kemana mana tuh sampah) Tumpukan sampah ini dikenal sebagai Great Eastern Garbage Patch



Kumpulan sampah itu sudah menyamai 2 kali luas negara bagian TEXAS di Amerika...dan tumpukan itu ada yang mencapai kedalaman 60 kaki (18 meter) dan hitung2an kasarnya...diperkirakan kalau dikumpulkan beratnya 7 juta Ton


Sampah-sampah itu kebanyakan berasal dari sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan, khususnya yang dibuang lewat sungai (dari SD kita udah belajar bahwa sungai ujungnya ke laut)


Kasihan Korban Sampah ini, mereka ga bisa protes, hanya menerima nasib yang sering berujung kematian:

Seekor kura-kura yang dari kecil terbelit sampah dibagian perutnya, tetapi berhasil bertahan hidup namun mengalami pertumbuhan tidak normal. diperkirakan 1/3 penyebab kematian kura-kura dan penyu di dunia adalah karena sampah plastik


Burung Albatros yang ketika mati ditemukan banyak sampah dalam perutnya berupa tutup botol, sampah plastik, sampai lighter (korek)



Anjing laut yang sedang berjuang hidup karena lehernya terlilit sampah...



Beluga dan Ikan paus yang dikenal sebagai hewan Mamalia (menyusui) saat ini disinyalir banyak yang terkena kanker payudara
Itulah bukti kekejaman sampah lautan... Lebih lengkapnya streaming youtube dibawah..


Spoiler for from dust to dust, from ash to ash..dia yang memulai dia yang mengakhiri:

Korban terakhir....

Kita manusia, kenapa....???

Karena kita memakan ini:



Kita makan seafood, sedangkan ikan dan teman2nya hidup di laut... kalau terus begini... kita jadi ga bisa makan safe seafood lagi gan... banyak ikan yang di dalam perutnya terdapat serpihan2 plastik gan, kalo bahan2 plastik itu kemakan maka berpotensi mengakibatkan kanker dan ketidaksuburan.

Dan tahukan kaskuser kalau setengah dari oksigen alami di bumi ini diproduksi dari tumbuh2an di darat dan setengahnya lagi dari Phytoplankton di lautan, yang keberadaannya terancam oleh sampah2 ini.



Hal ini diungkapkan oleh penjelajah kelautan yang bernama Fabien Cousteau cucu dari penjelajah kelautan ternama Jacques Cousteau.



Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2841353

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi