10 November 2009

1.700 Mahasiswa Bersaing di Wirausaha Mandiri

Minat mahasiswa mengembangkan usaha mandiri semakin melonjak. Itu terlihat dari ajang kompetisi bertajuk Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang digelar oleh Bank Mandiri.

Tahun ini, jumlah mahasiswa yang mengikuti kompetisi melonjak hingga 61,3 persen menjadi 1.705 orang dari 1.057 orang pada 2008 dari seluruh wilayah di Indonesia.

Bahkan, jumlah itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pelaksanaan WMM untuk pertama kali pada 2007 yaitu hanya 400 peserta.

Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri dilakukan di 9 (sembilan) kota di Indonesia yang mewakili 11 (sebelas) Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Mandiri, yaitu Medan (212 Peserta), Palembang (342 peserta), Jakarta (77 peserta), Bandung (87 peserta), Semarang (311 peserta), Surabaya (318 peserta), Banjarmasin (17 peserta), Makassar (250 peserta), dan Denpasar (97 peserta).

Penilaian kompetisi didasarkan pada 4 (empat) aspek utama, yaitu kewirausahaan, bisnis, sosial, dan kepribadian dengan kategori bidang usaha meliputi wirausaha Industri & Jasa, boga, dan industri kreatif.

Bank Mandiri juga menggandeng 9 (sembilan) perguruan tinggi untuk mendukung kompetisi wirausaha muda tersebut, yaitu Universitas Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Udayana.

Kepala Kantor Bank Mandiri Wilayah XI Makassar, Agus Fuad mengatakan Bank Mandiri terus berusaha mengubah pola pikir para mahasiswa untuk mulai berwirausaha dan mengurangi ketergantungan pada lapangan pekerjaan yang telah tersedia. Pelaksanaan program ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan bagi pengusaha mikro dan kecil untuk menjadi pengusaha tangguh, mandiri, dan layak mendapat pembiayaan bank.

"Kami yakin dengan peningkatan angka wirausahawan, maka tingkat kesejahteraan bagi lingkungan sekitar pun akan meningkat sehingga dapat mendorong roda perekonomian Indonesia," kata Agus Fuad.

Sebelum berkompetisi, Mandiri menggelar workshop wirausaha dengan menghadirkan praktisi terbaik di bidang enterpreneurship untuk berbagi pengalaman.

Tahun ini peserta yang mengikuti workshop Wirausaha Muda mandiri mencapai lebih dari 6 ribu mahasiswa dari 125 perguruan tinggi. Jumlah tersebut meningkat 26,2 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat 4.428 mahasiswa dari 123 perguruan tinggi di Indonesia.

Sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/104071-1_700_mahasiswa_bersaing_di_wirausaha_mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi