10 November 2009

Situs DPR RI Kini Hadir di Ponsel

Maraknya penggunaan ponsel dalam mengakses berbagai informasi di dunia maya, mendorong tenaga ahli setjen DPR RI mengembangkan teknologi mobile terkini. Tujuannya agar situs www.dpr.go.id dapat diakses di mana saja melalui telepon seluler.

Tepat awal November, teknologi ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat. Rakyat Indonesia kini dapat mengakses situs DPR melalui handphone mereka dengan mengetik alamat http://m.dpr.go.id.

“Saat ini teknologi internet sudah banyak diakses masyarakat melalui handphone karena itu kita mengembangkan teknologi ini agar masyarakat dapat mengetahui kegiatan Dewan,” kata Andi Mardinsyah, tenaga ahli P3DI, seperti VIVAnews kutip dari situs resmi DPR, 9 November 2009.

Menurut Andi, melalui web mobile DPR, mereka dapat mengakses kanal berita, agenda hari ini, agenda yang akan datang, daftar anggota dan aspirasi.

“Bahkan tadi sudah ada orang yang menyampaikan aspirasi ke kami khususnya mengenai penerimaan CPNS yang dilaksanakan oleh Setjen DPR RI,” kata Andi. “Dalam tulisannya dia menginginkan penerimaan yang bersih dan bebas calo,” ucapnya.

Andi menambahkan, ke depan, nantinya produk legislasi DPR dapat diakses melalui handphone juga alat-alat kelengkapan dewan. “Kita masih menunggu feedback dari masyarakat untuk masukannya, karena itu kita memohon bantuan masyarakat Indonesia untuk memberikan saran kedalam kanal aspirasi maupun bantuan khususnya webmaster di kanal situs DPR,” ucap Andi.

Situs DPR ini, ucap Andi, menggunakan teknologi terkini yaitu web 2.0 dan Ajax. Alasan penggunaan teknologi tersebut adalah karena teknologi tersebut cenderung tidak memakan resource besar. Artinya, lebih cepat dibandingkan teknologi lainnya. “Sistem ini memudahkan kita dalam mengkases data yang kita inginkan,” ucap Andi.

Andi menyebutkan, web mobile dpr.go.id merupakan web pertama di dunia yang memakai sistem ajax. “Orang banyak yang ketakutan bahwa sistem ini tidak bisa jalan,” ucap Andi. “Nantinya, tim ahli P3DI akan mengembangkan video streaming mengenai kegiatan DPR sehingga dapat diakses melalui HP,” ucapnya.

Teknologi lain yang akan dikembangkan oleh tenaga ahli yaitu pengembangan push email dpr.go.id. “Tujuannya diperuntukan bagi karyawan, staf, maupun anggota dewan, karena sebelumnya mail DPR kurang menarik dan tidak dipercaya oleh pemakainya,” kata Andi.

Selain push email, pihaknya juga akan mengembangkan sms gateway yang diperuntukkan bagi staf komisi yang bertugas memberitakan agenda rapat. “Melalui layanan ini, informasi bisa langsung disebar dalam 1 menit,” ucapnya.

Pengembangan situs DPR RI dan situs web mobile-nya merupakan hasil kerjasama Setjen DPR dengan World University Komite Indonesia (Wuski). Adapun beberapa pengembangnya antara lain adalah Andi Mardinsyah, Anang Suranang, Fariza Emra, Erdinal Hendradjaja, dan Maurice Gunawan.

Sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/103963-situs_dpr_ri_kini_hadir_di_ponsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi