16 November 2009

CARA KERJA LAMPU PETROMAK

Ternyata Petromak nama aslinya Petromax yang buat pertama kali orang jerman. Silahkan agan-agan baca dibawah prinsip kerjanya.

Namanya Auer von Welsbach yang menemukan prinsip “gas flame (Api dari Gas) yg memanaskan suatu bahan yg pijar pada tahun 1885. Dalam api biru dari sebuah “Bunsen burner” ia memanaskan sebuah kain yang bersinar enam kali lebih terang daripada api itu sendiri. Kain tersebut digantung di atas burner/pembakar , satu-satunya sumber panas, dalam bentuk yang mengilhami nama "mantel" (yaitu, sebuah jubah). Mantel itu terdiri dari tenunan katun longgar yang direndam dalam larutan cair thorium dan cerium nitrat.

Setelah membakar “mantel” pertama kalinya, kapas terbakar, meninggalkan kerangaka yang kaku dan rapuh dari thorium dan cerium oksida, biasanya kita sebut “kaos Petromak”. Oksida ini memancarkan cahaya terang ketika dipanaskan ke suhu yang sangat tinggi - prinsip lampu pijar. Prinsip yang baru ditemukan ini sangat revolusioner, terutama dalam penerapan penerangan jalan, dan dengan cepat menyebar luas di seluruh dunia industri.

Tak lama kemudian, ide untuk menggunakan bahan bakar cair untuk pencahayaan dieksplorasi. Pada akhir abad ke-19, lampu pijar berbahan bakar alkohol dan minyak tanah telah dikembangkan. Lampu berbahan bakar cair ini menggunakan tekanan untuk mendorong bahan bakar menuju “burner”, dan panas dari burner tersebut digunakan untuk menguapkan bahan bakar cair. Dengan demikian sering disebut "pressure lamp / lentera".

Salah satu yang pertama dan paling sukses lentera / pressure lanterns berbahan baker minyak tanah diciptakan pada tahun 1910 oleh Max Graetz – sehingga menjadi nama PETROMAX (Petro dan Max) – menjadi terkenal di dunia. Lampu Petromak (The Petromax lentera), dan sepupunya yang lebih kecil Geniol lentera, tetap populer hingga hari ini, baik di sektor swasta dan untuk aplikasi profesional.

Prinsip Petromax lentera yang bertindak sebagai pabrik gas kecil. Tangki bahan bakar bertekanan untuk sekitar 2 atmosfer (2 bar, atau 30 psi) dengan udara yang dibuat dengan pompa tangan. Tekanan ini digunakan untuk memaksa cairan minyak tanah menjadi uap. Awalnya, alat penguap harus dipanaskan terlebih dahulu sehingga merubah minyak tanah menjadi gas sebelum menyalakan bahan/kaos petromak. Preheating ini dapat dicapai dengan membakar alkohol dituangkan dalam suatu cangkir preheating yang terletak di dasar alat penguap atau dibawah kaos. Setekah beroperasi, panas dari pijaran api biru (terbungkus dalam kaos) diunakan untuk mengubah minyak tanah cair menjadi gas/uap yang naik melalui alat penguap. Minyak tanah cair menjadi uap pada suhu sekitar 250 ° C (480 ° F), sekitar setengah jalan ke puncak alat penguap - lihat ilustrasi. Uap Minyak tanah melanjutkan perjalanan melalui alat penguap yang melingkar, dan mengalami peningkatan suhu, sampai keluar dari lubang kecil di ujung alat penguap mendekati kecepatan suara (1000 ft / sec.).

Setelah keluar uap minyak tanah mulai menyebar dan bercampur dengan udara di ruang persegi kecil di sisi lampu petromak. bercampurnya uap minyak tanah dengan udara yang mengakibatkan bunyi mendesis lampu Petromax pada saat digunakan.
Uap minyak tanah dan udara bergerak ke dalam tabung di mana keduanya bercampur dalam satu aliran yang berputar (turbulen). Hal ini menjamin pembakaran yang sempurna dan keluar dari nosel keramik, menghasilkan panas dan nyala api warna biru yang bersih dan membakar kaos petromak.

Lihat gambar detil petromak masih dalam bahasa Jerman, mungkin Pembaca sekalian ada yg bisa menambahkan ?


Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2764444

10 komentar:

  1. wah, jadi teringat masa lalu dikampung dahulu pak... heheh..

    BalasHapus
  2. Gan aku punya lampu petromax tapi gak mau hidup apa nya ya

    BalasHapus
  3. Aduh mau tanya pitromak saya susuh hidupnya kira.kira masalahnya dimana ya.. Tolong dijawab bagi yg tau.. Terima kasi

    BalasHapus
  4. Lampu masa kecil saya,ketika itu setiap sore menjelang Maghrib kami selalu membantu bapak menyalakan lampu ini.

    BalasHapus
  5. aku butuh cahaya lampu yang mirip cahaya lampu petromak .

    adakah yang jual lampu LED yang cahayanya sama persis dengan petromak ?


    aku pengin punya untuk nostalgia

    BalasHapus
  6. Bisa tidak ya..bahan bakarnya diganti dengan pertalite? Dengan tetap menggunakan tangki petromax dialih fungsikan untuk kompor masak di dapur dengan sedikit modifikasi di sisi keluarnya gas menuju kompor melalui selang dengan pengamanan ventilator gas lpg

    BalasHapus
  7. Klo minyak tidak mau naik/ menyembur itu knp ya.. padahal tidak ada yg bocor... Mohon penjelasannya mksh...

    BalasHapus
  8. jadi tertarik sama lampu petromak gara² pas nginep di tajur halang ada yang jual lampu minyak mini harganya Rp. 10.000, langsung aku beli kebetulan tinggal satu terus 2 tahun kemudian balik ke tokonya mau beli lagi udah ga jual, disaranin nyari di daerah kalisuren

    BalasHapus
  9. Keren sih ternyata petromax ada sebelum indonesia merdeka dan gua yang lahir di 2002 di ledesaan masihh heran dengan cara kerja petromax

    BalasHapus

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi