24 November 2009

Taoge, si kecil yang kaya manfaat

Siapa yang tidak kenal taoge, setiap orang pasti mengenal taoge dan setiap orang pasti pernah mengkonsumsi taoge.

Dalam beberapa istilah, taoge sering kali disebut “kecambah” atau “capar”. Taoge dapat kita temukan dalam makanan seperti nasi pecel, gado-gado, rawon. Bahkan dalam beberapa restoran, taoge dimasak khusus dengan istilah cah taoge ikan asin, cah taoge dan berbagai macam jenis lainnya. Kita dapat dengan mudah mendapatkan taoge untuk dikonsumsi.
Taoge/Kecambah/Capar

Banyak dari kita sering mengkonsumsi taoge, tapi jarang dari kita mengerti manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam taoge untuk tubuh manusia. Di dalam tubuh taoge yang kecil itu tersimpan senyawa dan vitamin yang luar biasa. Yang pertama adalah senyawa fitokimia yaitu senyawa aktif dalam tumbuhan yang memiliki aktivitas biologis yang memiliki sifat farmakologis. Kedua adalah kandungan vitamin A, C dan E. Paling utama adalah kandungan vitamin E di dalam taoge.

Mari kita lihat satu per satu khasiat luar biasa dari Taoge,

1. Taoge juga memiliki kandungan estrogen alami. Estrogen dalam taoge akan membantu meningkatan kepadatan dan susunan tulang, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis. Bagi perempuan, mengkonsumsi taoge akan membantu terhindar dari kangker payudara, premenstrual syndrome, keluhan semburat, pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

2. Taoge juga mengandung banyak serat dan air, maka taoge membantu pengurasan kotoran di dalam usus besar. Hal ini menjadi kelebihan ganda bagi taoge. Dengan mendorong kotoran keluar dari usus besar, akan mengurangi resiko berseminya sel kanker karena hilangnya zat racun yang menumpuk di usus besar.

3. Taoge mengandung senyawa kanavanin, berdasarkan sejumlah penelitian mampu melumpuhkan bibit kanker leukemia, usus besar dan pankreas.

4. Taoge juga memiliki kandungan saponin, fungsinya dapat menghancurkan lemat jahat LDL tanpa mengganggu lemak baik HDL. Oleh karena itu, taoge juga baik bagi penyandang resiko stroke dan serangan jantung.

5. Kandungan saponin yang tinggi juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Saponin meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami (natural killer cell), khususnya sel T-Limfosit dan interferon.

6. Taoge dipercaya sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E (alfa-tokoferol) merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Jadi vitamin E akan melindungi spermatozoa dan sel telur dari radikal bebas.

7. Vitamin E juga membantu meremajakan sel-sel kulit, menghaluskan kulit, menghilangkan flek hitam di wajah, menyembuhkan jerawat. Jadi kandungan vitamin E di dalam taoge juga baik untuk menjaga kecantikan perempuan.

Wow, benar-benar si kecil yang kaya manfaat. Semakin tertarik untuk mengkonsumsi taoge?

Kemudahan mendapatkan taoge dan khasiat yang luar biasa, jadi tidak ada salahnya jika kita meningkatakan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi taoge. Penyajian yang paling baik adalah dimakan mentah, masih memiliki 100% kandungannya. Dapat juga dimasak sebagai salah satu sayur nasi pecel, gado-gado atau rawon atau ditumis. Banyak cara untuk hidup sehat, let’s do it.


Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2812738

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi