23 November 2009

Kiamat 2012: Mitos dan Sains

SAINS :

Buku Apocalypse 2012 by Lawrence E.Joseph
- Terpesona dgn ramalan bangsa maya tentang kiamat 2012, lalu merajutnya dgn sains.
- Bintik matahari terjadi dalam daur sembilan sampai 13 tahun, lebih sering 11 tahun yg akan memuncak pada 2012.
- Siklus aktivitas matahari memuncak yg menyebabkan panas yang luar biasa di bumi pada 2012.
- Atmosfer bumi menipis dan sudah bolong dibeberapa bagian.
- Medan magnet yang menjadi perisai bumi thdp matahari sudah retak (ditemukan seluas 160.000 km di atas lautan Brasil dan Afrika yang dikenal sebagai anomali Atlantik Selatan).
- Es kutub sedang meleleh.
- Pergeseran kutub sedang berlangsung.

Gejala Alam Supervulkan YELLOWSTONE
- Perut bumi di Yelowstone berada diantara Montana dan Wyoming, Amerika. Yellowstone adalah taman nasional Amerika.
- Juga disebutkan telah ada gejala mulas. Siklus letusan 600 ribu - 700 ribu tahun, kini tengah bersiap menggelegar.
- Sudah 100x erupsir besar, tiga di antaranya sangat dahsyat. terakhir terjadi 640.000 tahun lalu, memuntahkan 1000 km kubik abu ke atmosfer. Sudah cukup menenggelamkan Amerika.
- Kekuatan letusan yg akan tejadi diperkirakan setara 1.000 bom atom Hirosima per detik

NASA (Lembaga Antariksa Amerika Serikat)
- Badan urusan antariksa US ini membantah hebohnya ramalan dan kecaman atas kiamat 2012.
- Badai matahari akan terjadi sekitar 2012-2014. Tapi itu badai matahari yg terjadi setiap 11 tahun sekali.
- Badai matahari menyebabkan satelite terganggu.
- Tak ada resiko Khusus terkait 2012.
- Asteroid raksasa yg pernah menghantam bumi terjadi 65 juta tahun silam dan dinosaurs punah. Belum ada tanda2 asteroid sejenisnya akan menghantam bumi dalam waktu dekat.
Quote:Tak ingin menebar rasa takut, National Aeronautics and Space Administration (NASA) dalam rilis resminya mnenyebutkan tak akan terjadi hal buruk pada 2012. Kalender bangsa Maya dianggap tak ubahnya dengan “yang anda pasang di dapur” bahwa waktu tak berhenti pada 31 Desember. Periode panjang kalender Maya juga begitu.

Soal planet memang ada, badan luar angkasa dan aeronatika nasional Amerika Serikat itu menamakannya Planet Ersi. Namun jaraknya 4 miliar mil dari Bumi. NASA juga belum melihat adanya asteroid akan menabrak bumi seperti 65 juta tahun lalu yang sampai memusnahkan dinosaurus.

Bahwa ada badai matahari, itu tak disangkal. Puncaknya terjadi pada 2012-2014. Namun tak ada yang spesial. “Planet kita baik-baik saja selama lebih dari empat miliar tahun dan ilmuwan yang terpercaya di seluruh dunia tahu bahwa tak ada ancaman yang terkait dengan 2012.”

LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)
- Lembaga milik Indonesia meramalkan terjadi puncak badai matahari pd 20 desember 2012.
- Badai matahari tjd ketika adanya Flare dan Corona Mass Ejection (CME). Yaitu ledakan besar diatmosfer matahari setara 66 juta kali ledakan bom atom Hirosima.
- Badai matahari 1989, mampu membelokan arah jarum kompas hingga 7 derajat dari "magnetic north". Sebagian AS dan Kanada mengalami mati listrik hingga sembilan jam.
- Badai matahari 2011-2012, diperkirakan mampu membelokan arah jarum kompas hingga 15-20 derajat, diperkirakan kerusakan lebih luas.
- Kondisi puncak badai matahari itu akan menggangu satelit komunikasi dan penginderaan jarak jauh. akibatnya telepon terputus, siaran radiom dan televisi rusak. juga menggangu transaksi ATM yg menggunakan sistem satelite.
- Prediksi itu masih bisa bergeser.
Quote:Ahli astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional yang berkantor di Bandung, Thomas Djamaluddin, juga berpendapat hampir sama dengan rilis NASA itu. Thomas menganggap semua prediksi kiamat tersebut tidak memiliki konfigurasi khusus yang akan mengancam bumi. “Semua dalam kondisi normal-normal saja,” katanya.

Dia juga bilang bahwa badai matahari pada 2012 atau 2013 tidak ada yang membahayakan bumi. “Itu hanya fenomena siklus alam yang terjadi sekitar sebelas tahunan,” katanya. “Meski rentan terhadap gangguan operasional satelit, tapi tidak menyebabkan kiamat.

AGAMA :

Islam :
Kiamat adalah keniscayaan. Waktu yang pasti adalah rahasia Allah SWT dan tak satupun manusia mengetahui.
Quote:Menurut ajaran Islam, soal kiamat berpedoman kepada Al-Quran, dan hadis Rasulullah SAW. “Al-Quran menyebutkan, kiamat adalah ilmu dan ketentuan Allah, tak satupun manusia mengetahuinya, bahkan termasuk Rasulullah dan malaikat.” kata Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Aminudin Yakub. “

Kristen :
Kiamat pasti datang, tetapi yang tahu hanya Tuhan Allah (Bapa). Tak satupun manusia mengetahuinya.
Quote:Umat Kristen juga percaya dengan kiamat. Menurut Pastur Setyo Wiboyo, dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, dalam perspektif Kristiani sudah jelas bahwa Yesus mengatakan tidak ada satu orangpun yang tahu mengenai kapan dan bagaimana kiamat itu.

KEBUDAYAAN :

MAYA :
Kelompok suku yg hidup di semenanjung Yucatan, Amerika tengah pada 250 M hingga 925 M. Terkenal dengan ilmu astronomi yang kompleks dan akurat.
- Setiap zaman akan berakhir dalam satu periode Matahari (selama 5.125 tahun)
- Awal periode matahari kali ini adalah 13 Agustus 3114 (sebelum Masehi) dalam kalender Maya tertulis 0.0.0.0.1
- Periode ini berakhir pada 13.0.0.0.0 dan itu adalah pada 21 desember 2012 (Masehi)
- Lahir dunia baru, analogi-nya "setiap kelahiran selalu ada darah dan penderitaan"
- Maya sudah melewati tiga periode matahari. Ini untuk yang ke empat kalinya.
Quote:Maya ternyata bukan satu-satunya suku pedalaman yang memperhitungkan akhir zaman. Thomas Horn, penulis buku "Apollyon Rising 2012: The Lost Symbol Found and the Final Mystery of The Great Seal Revealed," mengungkapkan bahwa Suku India Cherokee juga menganggap serius tahun 2012.

"Ramalan Chickamaugan," atau yang juga dikenal sebagai "Ramalan Ular Derik Cherokee," merupakan rangkaian ramalan akhir zaman yang dibuat oleh para anggota suku Cherokee selama 1811-1812.

Menurut Horn, ramalan itu sangat mirip dengan kepercayaan Mesoamerican, yang merujuk pada kembalinya Quetzalcoatl, atau dewa ular berbulu, pada tahun 2012.

"Seperti Maya, penanggalan Cherokee secara misterius berakhir pada tahun 2012 saat fenomena astronomi yang terkait dengan Jupiter, Venus, Orion, Pleiades mendorong adanya 'kebangkitan' gugus bintang," tulis Horn dalam laman pribadinya. "Dan kalender Cherokee berakhir pada tahun 2012...dengan datangnya kembali Si [Dewa] Pucat," lanjut Horn.

Anda mau percaya, tentu tak ada yang bisa melarang. Namun, saran kami: ketimbang membuang-buang waktu untuk khawatir, rasanya lebih baik kita nikmati dulu saja hidup ini.

Quote:John Major Jenkins, misalnya. Mengaku diri sebagai peneliti Suku Maya, Jenkins mencoba menjelaskan ramalan suku primitif itu dalam bukunya, "Maya Cosmogenesis 2012," yang terbit 11 tahun lalu.

Jenkins yakin bahwa pada suatu saat bumi, matahari, dan planet-planet lain dalam galaksi bimasakti akan berada dalam posisi sejajar. Fenomena itu muncul pada tanggal atau sekitar tanggal yang diramalkan suku Maya sebagai akhir zaman. "Memang tidak ada bukti bahwa kesejajaran planet-planet itu bisa membawa dampak yang transformatif bagi Bumi. Namun, mungkin saja Suku Maya punya suatu mekanisme yang selama ini tidak diketahui para ilmuwan," tutur Jenkins kepada harian USA Today.

Quote:Pengamat astronomi dan penulis buku "Apocalypse 2012: An Investigation Into Civilization's End," Lawrence Joseph, mengungkapkan bahwa para koleganya yang meneliti matahari percaya bahwa puncak aktivitas letupan matahari (solar flare) akan berlangsung pada akhir 2012 atau awal 2013. Itu bisa saja terjadi bersamaan dengan lapisan magnetik bumi yang selama ini melindungi permukaan bumi dari sengatan sinar matahari.

Menurut Joseph, fenomena itu bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan listrik, bahkan hilangnya energi listrik untuk sekian lama kecuali bila jaringan-jaringan itu dipasang pelindung khusus dari sorotan langsung sinar matahari.

Namun, seperti dikutip USA Today, Joseph menilai apa yang ditampilkan film 2012 itu terkesan berlebihan, bahkan jenaka. "Namun saya sih tidak heran bila kesan berlebihan itu membuat publik membicarakan dampak letupan matahari," kata Joseph.

SUMERIA :
Bangsa kuno yg telah memulai peradaban modern dikawasan timur tengah pada 3500 tahun (sebelum masehi).
- Planet Nibiru akan menabrak bumi.
- Semula disebutkan peristiwa itu terjadi Mei 2003, tetapi pada kenyataanya tidak.
- Kini ada yg menyebut peristiwa itu akan terjadi pada 2012

CHINA :
Kitab Kuno I Ching. Diperkenalan oleh Raja Fu Xi (2953-2838 Sebelum Masehi)
- Fenomenal bagi mereka yang mendalami Metafisika China Kuno.
- Tentang hakekat perubahan. Mulai fenomena alam semesta maupun kehidupan manusia.
- Filsuf New Age, Terence McKenna dari Amerika, menemukan dlm kitab ini bahwa berakhirnya gelombang waktu mendekati 2012.

JAWA :
Joyoboyo (Ajaran Cokro Manggiling)
- Berdiam di pulau Jawa, Indonesia.
- Ramalan Joyoboyo tak membicarakan masalah kiamat.
- Nasib ibarat roda yg berputar (Cokro Mangilling)
- Masa Kerta Yoga (Keemasan). Penuh kedamaian, murah sandang, pangan dan lain lain.
- Muncul Dewi Kali, perempuan perusak dunia.
- Terjadilah kehancuran, banyaknya gempa, banjir, tanah longsor, kelaparan, peperangan dan laut kering.
- Datang Messias. Orang yg mendapat wahyu utk melawan pageblug (malapetaka masal).


Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2803533

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi