12 November 2009

Hujan Meteor 2009 Diprediksi Lebih Indah

NEW YORK - Pada tahun 1999 dan 2001, hujan meteor yang terjadi di langit terlihat cukup dramatis. Namun beberapa tahun belakangan, kondisinya semakin terlihat biasa saja.

Namun tidak demikian yang akan terjadi pada tahun 2009. Para astronomer memprediksi bahwa meteor Leonid mampu menghasilkan sekira 500 bintang per jam dengan kualitas pandangan yang cukup jelas di beberapa wilayah tertentu. Warga Asia diprediksi akan mendapatkan posisi pandang yang baik. Sedangkan Amerika Utara tidak akan mendapatkan posisi penglihatan sebaik Asia.

"Hujan meteor 2009 akan terjadi pada tanggal 17 November. Kali ini diperkirakan meteor yang jatuh akan terlihat lebih jelas, bahkan mampu menghasilkan 500 meteor per jam," ujar staf NASA Bill Cooke, seperti dikutip melalui Space.com, Jumat (5/12/2008).

Leonid merupakan bongkahan terkecil dari puing-puing asteroid yang melintas di dalam tata surya dari komet 55P/ Tempel-Tuttle. Banyak astronom yang menyatakan bahwa bongkahan kali ini akan dihasilkan lebih banyak, sama seperti hujan meteor yang terjadi pada tahun 1466. Namun pada observer Asia dan Eropa meragukan hal tersebut. Bahkan mereka memprediksi bahwa meteor yang menuju bumi hanya 100 meteor per jam.

Meteor-meteor Leonid biasanya hanya berukuran sebesar biji pasir yang kemudian menguap di atmosfir. Namun untuk ukuran meteor yang lebih besar, biasanya akan berbentuk layaknya sebuah bola api yang dapat menghujam langsung ke bumi. Namun ketika meteor-meteor ini mencapai 1000 unit per jam maka dapat disebut sebagai badai. Meteor level inilah yang tidak diharapkan meluncur ke bumi.

Sumber : http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/05/56/171087/hujan-meteor-2009-diprediksi-lebih-indah/hujan-meteor-2009-diprediksi-lebih-indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi