12 November 2009

Nokia Mulai Distribusikan Ponsel N900

Nokia telah mengumumkan pendistribusian secara luas handset seri N900 kepada konsumen. Kehadiran ponsel baru ini sangat penting bagi pertumbuhan Nokia.

Perangkat baru yang menjalankan sistem operasi Linux berbasis Maemo ini menggunakan touchscreen berukuran 3,5 inchi, keyboard QWERTY slide, kecepatan browsing cepat dan akses online ke toko aplikasi Nokia.

Nokia mengatakan bahwa N900 didesain untuk memberikan pengalaman menggunakan komputer desktop ke dalam perangkat mobile. Prosesor ARM Cortex-A8 dengan aplikasi memori sebesar 1GB akan menambah performa untuk menangani beberapa aplikasi sekaligus.

Nokia mengklaim masih mendominasi pangsa pasar ponsel dengan mencetak sekitar 40% seluruh ponsel yang terjual di dunia. Akan tetapi kekhawatiran akan pengambil alihan pelanggan dari Apple dan RIM BlackBerry terus membayangi.

"Nokia N900 telah mendapatkan perhatian publik sejak diluncurkan pada Agustus, saat masih pre-order," kata José-Luis Martinez, salah satu Vice President Nokia. "Yang menarik adalah software Maemo, yang akan mengambil pakem dari komputer desktop dan menawarkan pengalaman browsing yang penuh dalam handset."

Kedatangan N900 akan menjadi penting bagi pertumbuhan masa depan raksasa ponsel asal Finlandia itu. Nokia diharapkan dapat menggunakan platform Maemo untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan konsumen yang selalu ingin terhubung ke internet dan jejaring sosial mereka setiap saat.

"Maemo akan memberikan generasi berikutnya dari pengalaman seperti komputer," kata Geoff Blaber, seorang analis CCS Insight. "Penekanan pada kelebihan visual dan multifungsi merupakan kunci. Multifungsi akan menjadi semakin penting di dunia, karena saat ini ponsel digunakan untuk mengakses beberapa fungsi, aplikasi dan layanan. Ini merupakan tantangan yang dihadapi oleh Apple iPhone."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi