12 November 2009

Pesawat terbang hercules c-130


C-130 Hercules adalah sebuah pesawat terbang bermesin 4 turboprop dan dikenal sebagai pesawat udara pengangkut militer di banyak bagian dunia. Mampu mendarat dan lepas landas dari landasan pacu (runway) yang pendek atau tidak disiapkan. Awalnya dia adalah sebuah pesawat pengangkut pasukan tentara dan pesawat kargo (barang), namun sekarang ini juga digunakan untuk berbagai macam peran, antara lain sebagai pengangkut pasukan tempur (infantri), pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulans udara.

Pesawat Hercules ini mulai dikembangkan pada awal tahun 1950 oleh pabrik pesawat terbang Lockheed untuk menunjang alat pengangkut taktis bagi Angkatan Udara AS (USAF). Dua prototipe pertama diterbangkan pada pada tanggal 23 Agustus 1954, produksi pertama Hercules C-130A diterbangkan pada 7 April 1955 dan mulai diserahkan ke Angkatan Udara AS pada bulan Desember 1956.

Sekarang sudah ada lebih dari 70 model Hercules untuk berbagai macam penggunaan, termasuk beberapa model yang bersenjata, dan digunakan di lebih dari 50 negara. Hercules telah melayani lebih dari 50 tahun. Jenis pesawat Hercules yang terakhir diproduksi adalah jenis C-130J yang mulai dipergunakan pada tahun 1998.

Keluarga C-130 Hercules telah menciptakan rekor yang bagus atas kehandalan dan daya tahannya, berpartisipasi dalam militer, sipil, dan bantuan kemanusiaan. Namun pesawat Hercules tak terlepas dari banyak kecelakaan fatal di beberapa negara pengguna, termasuk di Indonesia yang juga sebagai pemakai Hercules CJ-130.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2060880

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon komentar tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan adat ketimuran..

Tulisan yang paling banyak dikunjungi